Head Office
Head Office
Marketing
(+62) 21-53133758 Mon - Fri 09:00 - 17:00 WIB Tanggerang Selatan, Banten - Indonesia
Whatsapp: (+62) 812 9822 6899
The Best
#1 in Indonesia
Number #1
Suplier in region
Get A Quote

Bungkil Kopra untuk Pakan Ternak

Bungkil kopra (copra meal) atau bungkil kelapa adalah pakan sumber protein yang berasal dari pengolahan kopra menjadi minyak kelapa. Bungkil kelapa mengandung protein yang cukup baik serta memiliki palatabilitas yang baik.  Bungkil kelapa sangat cocok sebagai pakan sapi perah dan dapat digunakan sampai 30% dalam ransum.

Bungkil kopra di Indonesia harganya relatif murah dan merupakan sumber protein dan energi metabolis yang cukup baik di mana kandungan asam amino bungkil kopra dapat membantu kekurangan asam amino pada bahan pakan lain. Kandungan nutriennya yaitu minyak 6-17 %, karbohidrat 45 %, serat 20 %, abu 5 % dan kadar air 11 %, kandungan proteinnya yang relatif tinggi (15-25 %) dan energi metabolis yang berkisar 1525 – 2180 Kkal/g.

Introduksi bahan pakan limbah seperti bungkil kopra sering menyebabkan pertumbuhan ternak menjadi tidak maksimal karena beberapa kemungkinan antara lain: anti nutrisi, kandungan serat kasar tinggi dan kecernaan rendah. Kecernaan dan kualitasnya sangat rendah, disebabkan karena kandungan selulosa relatif tinggi yaitu sebesar 40 %. Solusi yang dianggap tepat untuk mengatasi masalah penggunaan bungkil kopra dalam pakan ayam pedaging adalah memproduksi enzim yang cocok.

Penggunaan enzim dalam pakan ternak bertujuan meningkatkan kecernaan, menghilangkan anti nutrisi, mengurangi kandungan air feces, meningkatkan status kesehatan ternak dan produksi serta efisiensi pakan, pertambahan bobot badan yang akhirnya berdampak positif pada efisiensi usaha. Agar tujuan penggunaan enzim lebih maksimal, maka enzim sebaiknya diproduksi melalui fermentasi pada media padat karena bioteknologi ini mampu meningkatkan nutrien bahan dasar, meningkatkan mutu bahan pakan, dan secara umum semua produk akhir fermentasi mengandung senyawa yang lebih sederhana dan mudah dicerna daripada bahan asal sehingga dapat meningkatkan kandungan nutrien bahan.

Penggunaan bungkil kelapa sangat tergantung pada kualitasnya. Bungkil kelapa mudah sekali tengik, sehingga jika sudah terjadi oksidasi akan menyembakan terjadi penurunan kualitas nutrien. Dengan demikian tempat penyimpanan bungkil kelapa harus terjaga baik serta masa penyimpanan yang tidak terlalu lama.

About the author

PT. INTINUSA NIAGA ABADI (INNA) is a trading company engaged in the field of Agribusiness, focusing in Palm Products and the Derivatives, serving both local & export markets

Leave a Reply