Head Office
Head Office
Marketing
(+62) 21-53133758 Mon - Fri 09:00 - 17:00 WIB Tanggerang Selatan, Banten - Indonesia
Whatsapp: (+62) 812 9822 6899
The Best
#1 in Indonesia
Number #1
Suplier in region
Get A Quote
Sapi Butuh Bungkil Sawit

 

Bagi peternak yang hendak meningkatkan produksi ternaknya khususnya sapi, tidak cukup hanya dengan memberikan pakan rumput saja. Sapi sehat dan gemuk butuh asupan lain yang bisa mencukupi kebutuhan lemak, protein dan seratnya.

Salah satu bahan baku pakan alternatif, yang bisa dimanfaatkan oleh para peternak sapi khususnya untuk penggemukan sapi adalah bungkil sawit. Selain jumlahnya berlimpah dan kontinyu. Limbah sawit ini punĀ  murah dan tidak bersaing dengan kebutuhan manusia.

Menurut penelitian, bungkil sawit atau palm kernel expeller atau meal mempunyai nilai nutrisi lebih tinggi dibanding dengan limbah lainnya dengan kandungan protein kasar 15% dan energi kasar 4.230 kkal/kg, sehingga dapat dijadikan sebagai pakan konsentrat dengan menambah bahan pakan lain. Namun bungkil sawit tidak bisa diberikan secara tunggal sebagai pakan ternak sebab bungkil sawit memiliki anti nutrisi yang dapat menyebabkan ternak diare. Bungkil sawit yang berkualitas baik dapat digunakan dalam konsentrat sapi maksimal 30%.

Dalam menyajikan bungkil sawit sebagai pakan, perlu diperhatikan juga kandungan cangkang sawit dalam bungkil sawit. Pakan dari bungkil sawit yang berkualitas baik, minim dari zat tambahan lain, termasuk cangkang sawit yang bisa termakan sapi.

About the author

PT. INTINUSA NIAGA ABADI (INNA) is a trading company engaged in the field of Agribusiness, focusing in Palm Products and the Derivatives, serving both local & export markets